7 Hal Yang Saya Benci Dari Win Gun Glock 19 Versi Upgrade

Posted: January 7, 2020 by Pak RT in Berita, Review Airsoft Gun

Inilah 7 Hal yang saya benci dari Win Gun Glock 19 Versi Upgrade. Akan banyak pengakuan jujur versi saya (yang mana akan banyak tidak cocok dengan pendapat kamu….tak apa lah. Tiap orang bisa beda pendapat kan? ) yang akan saya tulis di bawah ini. Jadi ini akan memudahkan kamu untuk memilih kira-kira apakah airsoft gun Win Gun Glock 19 versi Upgrade itu cocok dengan kamu atau tidak.

Oke, kita mulai bedah satu persatu ya. Berikut 7 Hal yang saya benci dari Win Gun Glock 19 Versi Upgrade…

1. Tidak bisa blowback (non blowback)

Karena saya sama dengan anda, termasuk salah satu yang menyukai hobi airsoft gun sejak 2008, jadi efek blowback sudah jadi keharusan.

Buat yang belum tau apa itu blowback  sederhananya begini…..ketika menembak, muncul efek hentakan.

Nah itulah Blowback!

Kalau di senjata api kita mengenal istilah “recoil“.

Hanya, hentakan di airsoft gun tentu tidak sekeras hentakan di senjata api karena sumber energinya hanya dari gas bertekanan rendah seperti gas CO2 atau Propane.

Buat saya penyuka realisme sensasi yang muncul dari efek blowback itu impian yang sulit diceritakan rasanya.

Rasanya seperti laki-laki baru menikah. Sulit diceritakan, kecuali hanya dirasakan hehehehe….

 

2. Trigger keras

Trigger atau pelatuk airsoft gun pistol non blowback mekanismenya berbeda dari senjata api.

Trigger pistol airsoft gun mengandalkan kekuatan per/spring untuk bisa menghasilkan kekuatan maksimal karena airsoft gun pistol mengandalkan volume gas yang dikeluarkan untuk mendorong peluru/bb-nya.

Saking penasaran saya pernah ukur berat trigger/pelatuk pake alat yang dinamakan Trigger Pull Gauge merek Lyman. Saya bandingkan dengan senapan berburu PCP yang rata-rata trigger pull weight ada di kisaran 400-500gram atau setara dengan 15 lbs. Win Gun Glock 19 versi upgrade beratnya lebih dari 1 kg.

Saking beratnya, alatnya error, nggak terbaca! Gila nggak?!

Tapi menurut pengakuan beberapa konsumen saya, trigger berat itu bagus buat latihan. Jadi waktu latihan menembak senpi (senjata api) relatif lebih ringan.

Ya…boleh juga sih. Sah-sah saja punya sudut pandang yang berbeda.

 

3. Palm grip/ cover gas chamber Mudah Hilang

Ini salah satu part yang cukup ngeselin….hehehehe.

Kalo anda termasuk orang yang kurang apik seperti saya, baiknya waspada dengan part satu ini.

Sebagian konsumen saya mengeluhkan palm grip/cover gas chambernya hilang entah dimana.

Yang lebih menyebalkan, kita sulit menemukan suku cadang penggantinya 😦

 

4. No Hop Up!

Airsoft gun model ini tidak dilengkapi sistem Hop Up.

Jadi kita nggak bisa koreksi jangkauan sebagaimana pistol airsoft gun sistem blowback lainnya.

Di titik ini Win Gun Glock 19 sama seperti Glock 19 versi senjata api.

Kalau mau koreksi titik perkenaan….yaa harus pinter-pinter atur bidikannya.

 

5. Nggak bisa dipake latihan tembak reaksi

Latihan tembak reaksi airsoft atau sering dikenal dengan AA IPSC (Air Action International Practical Shooting Confederation), tidak mengijinkan kompetisi tersebut menggunakan airsoft gun pistol yang bertenaga gas CO2.

Jadi hanya diperkenankan green gas saja.

Kalo nekat, ya diskualifikasi.

Tapi kalo kamu mau latihan sendiri tembak reaksi pake Win Gun Glock 19….. yaaa….itu sih terserah.

Bebas kan??

 

6. Awas Ricochet!

Dulu saya pernah bahas apa itu Ricochet. Silakan klik disini untuk tau apa itu Ricochet.

Power yang sangat besar menyimpan resiko yang besar juga.

Saya perhatikan banyak yang ceroboh saat latihan.

Yang paling sederhana : tidak pernah menggunakan Goggle/ Kacamata pelindung!

Peluru airsoft gun yang bulat, apalagi yang terbuat dari logam, punya resiko untuk Ricochet.

Kalo yang plastik masih lebih aman, karena ketika membentur permukaan keras seperti dinding, ia akan pecah.

Sementara bb gotri/metal tidak. Dia akan membentur dan berbalik arah ke posisi penembak.

Kalo kamu kurang beruntung, bb metal itu bisa mampir parkir di mata.

Sayang kan?

Jadi sebelum berlatih menembak pastikan posisi harus aman & mata terlindung oleh kacamata/goggle.

 

7. Suara letusannya keras sekali

Saya cuma berani nembak airsoft gun Win Gun Glock 19 versi upgrade cuma di siang hari.

Kenapa?

Karena siang hari relatif ramai.

Suara letusan masih bisa tersamar oleh suara bising kendaraan di depan rumah.

Tapi kalo sudah malam….waduh….nggak berani deh.

Pistol blowback yang pake green gas aja suaranya bisa bangunin tetangga, apalagi ini yang gas CO2, dan sudah diupgrade pula!

Bisa digeruduk tetangga, repot nanti!

 

8. Mudah Disalahgunakan

Resiko jualan alat hobi militer/ menembak ya ikut kena getahnya.

Apa getahnya?

Penyalahgunaan airsoft gun untuk penggunaan diluar kepentingan olah raga.

Itu dia!

Orang awam yang belum mengerti apa itu ilmu menembak, cenderung berpikir sederhana bahwa airsoft gun bisa dengan gampangnya dipake untuk keperluan diluar olah raga seperti proteksi diri.

Padahal, justru memiliki airsoft gun, manusia pemegangnya harus semakin bijak.

Tidak emosional. Tidak sembrono.

Ini yang tidak diketahui orang awam.

Seorang sahabat pernah menasihati begini, seorang penembak yang bijaksana, ketika ada keributan di jalanan yang memancing emosi ya gunakan kemampuan bela diri yang dimiliki.

Bukan malah mengeluarkan airsoft gun/ senjata api miliknya.

Apalagi cuma masalah mobil keserempet!

Masalahnya sepele, tapi ujungnya bisa rumit!

Intinya, menggunakan airsoft gun diluar keperluan olah raga akan ada konsekuensi hukum.

Nanti kita bahas lagi soal ini di artikel yang lain.

Kalo mau proteksi diri, ya belajar bela diri lah! Jangan malas!

 

Itu 8 alasan versi saya kenapa saya tidak terlalu suka dengan Win Gun Glock 19 versi Upgrade. Tapi saya nggak keberatan kalau kamu kamu punya alasan yang berbeda dengan saya.

Sepanjang kita tinggal di NKRI & sama2 menjunjung tinggi demokrasi, no problem. Yang penting kita saling menghargai.

Dan satu lagi, demi menjaga hobi menembak yang kita cintai ini….mohon kesadaran kita semua untuk tidak terbersit sedikitpun untuk menyalahgunakan airsoft gun diluar kepentingan olahraga.

Itu saja pesan saya.

Mudah2an kita bisa saling jaga.

Dan buat kamu yang masih tetap ngotot setelah saya cerita diatas berbusa-busa….hehehe, malah tertarik dengan Win Gun Glock 19, sedang ada promo diskon Win Gun Glock 19 standar cek saja langsung ke halaman Glock Family atau High Power Pistol.

Thanks sudah menyempatkan baca tulisan saya yang nggak penting ini, yang mau diskusi monggo tinggalkan komentar di bawah ya.

Salam:)

 

Comments
  1. jiro2011 says:

    Point Bo.6 ( rechocet)
    Bener -2 saya alami sendiri untuk enggak kena badan sendiri secara enggak sengaja peluru menghantam tembok padahal energi max. 3 J , korbannya rechocet peluru nembua kaca rumah bolongan sangat halus seperti kaca di bor , ngebayangin kalu kena orang di dlm kamar efeknya peluru bisa bersarang 🤦‍♂️🤦‍♂️🤦‍♂️

    Like

  2. […] Hal Yang Saya Benci Dari Win Gun Glock 19 Versi Upgrade lapakairsoft.com/2020/01/07/7-h… https://t.co/fKe15tzLI0 […]

    Like

  3. […] Hal Yang Saya Benci Dari Win Gun Glock 19 Versi Upgrade lapakairsoft.com/2020/01/07/7-h… https://t.co/fKe15tzLI0 […]

    Like

Leave a comment